August 8, 2020
Berita Baik Upaya Perusahan Komunikasi Dan Pemerintah Ciptakan Smart City

Berita Baik Upaya Perusahan Komunikasi Dan Pemerintah Ciptakan Smart City

Restartcivilization. – Baru-baru terhembus satu berita yang baik di Indonesia bahwa mengungkapkan adanya upaya dari pemerintah dan perusahaan komunikasi yang siap menciptakan smart city. Ini bukan tanpa alasan, ya kita harus terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini dan tidak dapat kita hindari. Tentunya ini menjadi hal baik dan upaya positif yang berdampak memberikan kemajuan bagi generasi-generasi mudah di Indonesia. Pasalnya kita tahu bahawa era millennial saat ini benar-benar membutuhkan sentuhan dari tangan-tangan smart yang wajib untuk di kembangkan agar memberikan dampak yang positif dan baik di masa depan, termasuk untuk kemajuan Indonesia.

Pemerintah Indonesia mempromosikan peningkatan birokrasi untuk meningkatkan kinerja kerjanya melalui Sistem Pemerintahan Elektronik (SPBE). Sementara itu, berdasarkan data yang diterbitkan oleh PBB dari tahun ke tahun, bahwa peringkat Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Laporan tersebut mengatakan bahwa Indonesia telah berkembang dari kelas menengah ke negara dengan indeks pembangunan e-government (EGDI) yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Peningkatan ini tentunya merupakan sinyal positif bagi Indonesia dalam memperkenalkan e-government. Sedangkan dari 17 negara di mana ada peningkatan EDGI, lima di antaranya berasal dari Asia, salah satunya adalah Negara kita Indonesia. Ini menunjukkan bahwa transformasi digital di Indonesia berjalan cukup baik dan dapat diterima oelh semua kalangan masyarakat indonesia.

Diskusi yang berkembang tentang e-government terinspirasi oleh Alcatel – Lucent Enterprise (ALE), sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan solusi komunikasi terintegrasi, untuk mengatur ALE GovDay 2019 demi kemajuan masa depan pemerintahan Indonesia kedepannya. Seminar ini mengundang berbagai pakar yang ahli di bidangnya dalam hal ini. Berikut ini Berita baik upaya perusahan komunikasi dan pemerintah ciptakan smart city. Ada 6 poin yang menjadi penting dalam menciptakan smart city di Indonesia. Untuk Anda yang ingin tahu infomasi lebih lengkapnya baca ulasan lengkapnya di bawah ini sekarang.

Berita baik upaya perusahan komunikasi dan pemerintah ciptakan smart city

  • Indonesia telah berorientasi ke negara Taipei

Diungkapkan bahwa anak-anak muda saat ini selalu menggunakan smartphone dalam setiap waktu yang mereka lewati, baik pergi liburan, kesekolah, ketempat-tempat hiburan dan lainnya. Ini digunakan oleh pemerintah Taipei untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat. Mereka telah berhasil menciptakan aplikasi bisnis urban broadband, pengawasan video berfungsi untuk meningkatkan keselamatan publik di tempat-tempat umum dan Metro Ethernet, yang menyediakan Wi-Fi dan bandwidth. Hal ini yang nantinya akan segera direplikasi oleh pemerintah Indonesia.

  • Tujuan membangun e-government di indonesia

Pemerintah harus benar-benar melayani masyarakat sehingga masyarakat dengan kualitas hidup seperti itu lebih layak daripada sebelumnya. Maka dengan ini, e-government segara dibuat oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah hadir secara langsung dengan berbagai kemampuan kreatif, seperti birokrasi, yang disederhanakan melalui kolaborasi dengan beberapa vendor terkait. Dengan demikian, hal itu dapat mengatasi masalah yang sering muncul, dan masyarakat dapat merasakan kenyamanan, kemudahan, kebijakan dan aturan yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia nantinya.

  • Menggunakan Advanced Intelligence (AI)

Mengingat masalah yang semakin kompleks di hampir semua sektor, pemerintah Indonesia mengundang beberapa pemasok untuk berkolaborasi untuk menciptakan konsep “smart city”. Dalam dua tahun terakhir, pemerintah telah mencoba menerapkan konsep ini dalam beberapa cara, seperti pendidikan, perawatan, kesehatan, dan pemerintah itu sendiri.

  • Pengenalan e-government dalam pendidikan di Indonesia

Saat ini, Ristekdikti sedang mengerjakan sistem pembelajaran jarak jauh, hal ini tentu saja dirancang untuk anak-anak sekolah dasar (SMP) dan siswa sekolah menengah (SMA). Program pembelajaran jarak jauh ini tidak terkait dengan platform atau konten yang digunakan sebagai sumber belajar mereka sebelumnya. Platform akan berfungsi sebagai penyedia sistem pembelajaran yang diinginkan setiap siswa nantinya.

  • Implementasi e-government di sektor transportasi

Ini bukan rahasia lagi, kini ibu kota Indonesia, Jakarta, telah memiliki bentuk transportasi modern dalam bentuk MRT. Kehadiran ini tentunya dapat membantu mengatasi kemacetan yang sering dirasakan oleh masyarakat Indonesia khusunya Jakarta sendiri. Pembangunan di sektor transportasi tidak hanya akan berhenti di MRT atau LRT. Tetapi pemerintah akan menciptakan kendaraan yang lebih terintegrasi untuk memfasilitasi mobilitas pengguna angkutan umum, seperti membangun jalur antara kereta api, pesawat terbang, bus, taksi atau busway dan taksi online.

  • Ada keterbatasan dalam penerapan teknologi smart city

Teknologi berkembang begitu cepat, tetapi orang tidak dapat menyeimbangkannya dengan benar. Kita dapat mengatakan bahwa mereka masih gugup dalam penerapan kesulitan. Jadi sebenarnya butuh waktu bagi orang untuk mengerti dan bijak dalam menggunakan teknologi. Pemahaman ini membutuhkan peran aktif para pemimpin dari bupati ke presiden. Keputusan pemerintah benar-benar keputusan yang tepat di era teknologi sepanjang masa ini. Diharapkan kehadiran e-government dalam penciptaan “Smart city” akan berjalan dengan lancar, tanpa batasan, baik dari segi produksi, dan dari masyarakat sebagai pengguna nantinya.